KOMPAS.com – Hari ulang tahun kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia akhirnya tiba. Puncak HUT RI dirayakan masyarakat di seluruh penjuru tanah air dengan berbagai macam perayaan. Mulai dari upacara bendera hingga perlombaan khas “17 Agustusan” yang unik dan meriah. Selalu ada hal-hal menarik baru yang muncul pada setiap tahun perayaan HUT RI. Namun setidaknya, ada tujuh kegiatan yang tak pernah absen dilakukan sebagai bagian dari perayaan kemerdekaan: 1. Upacara bendera Pada 17 Agustus pagi, banyak titik menyelenggarakan upacara bendera sebagai agenda wajib HUT RI.

Upacara bendera dilakukan mulai dari Istana Merdeka, kantor-kantor pemerintahan, sekolah, hingga inisiatif kelompok masyarakat tertentu. Meski upacara bendera identik dengan prosesi yang hikmat, namun ada saja sisi-sisi unik yang dilakukan peserta upacara dari berbagai penjuru negeri. Pada upacara tahun lalu di Istana Merdeka, misalnya, seorang lelaki usia 48 tahun tidak mengenakan alas kaki alias nyeker saat menghadiri upacara HUT RI.

Namun, ia datang dengan kondisi nyeker bukan karena tak punya alas kaki, melainkan ketika itu dia datang ke istana dengan menggunakan baju adat Baduy yang memang khas-nya tidak mengenakan alas kaki. Kejadian unik lainnya, misalnya pada upacara pengibaran bendera di halaman kantor Wali Kota Bima pada 2016 lalu. Seorang Paskibra mengalami kejadian sepatu copot seusai upacara pengibaran bendera, tepatnya seusai pembentukan formasi barisan dan hendak bergerak menuju inspektur upacara setelah mengibarkan bendera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *