Takeran – Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021 dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten.

Rabu (03/11) SMK Negeri Takeran telah mengikuti Webinar Sosialisasi Literasi Digital Batch 1 Kabupaten Magetan di Ruang Pertemuan SMK Negeri Takeran. Kegiatan sosialisasi literasi digital merupakan kegiatan sosialisasi guna menyiapkan dan membekali masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan teknologi agar dapat mumpuni, unggul, dan berdaya saing ketika menggunakan teknologi digital di abad 21. Event yang diadakan oleh Kemenkominfo bersama Siberkreasi ini telah diikuti kurang lebih 400 siswa siswi SMA dan SMK Negeri/Swasta Se-Kabupaten Magetan. Di SMK Negeri Takeran sendiri, sebanyak 50 siswa dan 2 guru pendamping turut berpartisipasi dalam event tersebut.

Pada webinar kali ini, kabupaten Magetan menghadirkan empat pembicara, yaitu Gian Depa Hermawan (PMT & Business Development at PT Shaftindo Energi), Warahatsangka (Marketing & Sales Manager at PT Air Raya Indonesia), Moh Rizki Firdaus (Direktur Utama CV. Kreasi Anak Nusantara), dan Muhammad Ali Solikin, S.Sn (Kepala Unit Content Marketing Poltek BIMA) serta satu key opinion leader yaitu Segi Rahadian Albariqy (Content Creator game, vlog, da tutorial). Keempat pembicara webinar tersebut membahas tentang empat pilar utama program literasi digital, yaitu keamanan digital, budaya digital, etika digital, dan kecakapan digital.

Event yang dimulai pukul 09.00 WIB dan berdurasi kurang lebih 3 jam ini dilaksanakan melalui via zoom meeting. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, sambutan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate, penyampaian materi oleh pembicara, dan ditutup dengan sesi tanya jawab. Dengan diadakannya webinar tersebut, diharapkan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Magetan dapat paham akan literasi digital da membanjiri ruang digital dengan konten positif yang dapat  menyejukkan dan membawa perdamaian. (@skanet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *