Salah Satu modal dasar kemajuan sebuah bangsa, dalam pelaksanaan pembangunan nasional adalah kemampuan penguasaan, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tepat untuk menghasilkan barang dan jasa yang berdaya saing global untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penguasaan, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi ini dapat dilakukan oleh warga negara Indonesia yang kreatif dan inovatif. Bangsa dengan Masyarakat yang inovatif selalu membawa konsep dan tatanan baru yang memiliki daya dongkrak percepatan pembangunan dan kemajuan bangsa.

Pemerintah terus mendorong dan menfasilitasi lahir dan tumbuhnya jiwa-jiwa inovasi bagi penyelenggara pemerintahan dan masyarakat luas, sehingga muncul berbagaiinovasi di segala bidang yang dapat menjadi pengungkit percepatan pembangunan daerah. Dengan budaya inovasi yang memasyarakat, akan selalu lahir berbagai ide, gagasan, kreatifitas dan tentunya inovasi yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan Pemerintahan Daerah.

Pada tahun 2022 ini Tim INOTEK SMKN TAKERAN diwakili oleh Program keahlian TKJ yang beranggotakan Arkeen Syandini Mayandi (XII TKJ 1), Muhammad Daffa Samudra (XII TKJ 2), dan Wahyu Mukti (XII TKJ 3), mengikuti lomba inovasi teknologi yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten Magetan. SMKN TAKERAN membuat sebuah inovasi teknologi yang bernama TESAO.

Tempat sampah otomatis (TESAO) ini adalah sebuah tempat sampah pintar berbasis arduino. Dikatakan pintar karena dapat membuka secara otomatis ketika kita hendak membuang sampah dan menutup secara otomatis setelah kita membuang sampah disertai notifikasi suara berupa ucapan terima kasih telah membuang sampah pada tempatnya.

Tempat sampah otomatis (TESAO) memiliki bebarapa keunggulan dibandingkan dengan tempat sampah biasa yang sering dipakai yaitu:

  1. Dapat membuka dan menutup secara otomatis saat ada orang yang membuang sampah
  2. Terdapat notifikasi suara berupa ucapan terima kasih telah membuang sampah pada tempatnya, setelah seseorang membuang sampah
  3. Dapat mengirimkan notifikasi melalui telegram kepada petugas kebersihan apabila tempat sampah penuh
  4. Praktis, portable dan baterai dapat diisi ulang

Selama 1 bulan Tim inotek melakukan pengembangan pembuatan TESAO ini, mulai dari perencanaan, pembuatan, penyempurnaan produk inovasi sampai pembuatan dokumentasi video dan proposal untuk persyaratan lomba. Video inovasi dapat dilihat pada link youtube berikut: https://www.youtube.com/watch?v=jMKmIMIqqGs

Pada hari selasa,11 Oktober tim inotek SMKN TAKERAN melakukan pemaparan produk inotek kami di hadapan para juri di ruang rapat Ki Mageti Kabupaten Magetan, dan pada hari Kamis, 27 Oktober seluruh Tim inotek yang mengikuti lomba di undang ke Pendopo Surya Graha kabupaten Magetan untuk mengikuti penganugerahan pemenang lomba inotek kabupaten Magetan tahun 2022 oleh Bupati Magetan. Alhamdulillah Tim Inotek SMKN TAKERAN berhasil mendapat juara 3 kategori pelajar. Hal ini menjadikan sebuah motivasi besar bagi kami untuk terus berinovasi dan berprestasi. Semoga di tahun depan semakin banyak inovator-inovator baru dari SMKN TAKERAN untuk mengikuti lomba inotek ini dan semoga prestasi ini dapat. terus ditingkatkan

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *