Senin, 19 April 2021. Kompetensi Keahlian TKJ mengadakan agenda tahunan yaitu Uji Kompetensi Siswa (UKK). Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Kegiatan ini diikuti oleh kelas XII TKJ 1, XII TKJ 2, XII TKJ 3 dengan total peserta 101 siswa. Uji Kompetensi Keahlian (UKK) ini dilaksanakan selama 10 hari ,dengan jumlah peserta 10 sampai 13 orang perhari mulai dari pukul 07.30 sampai 12.00 WIB. Pembatasan jumlah peserta UKK perhari ini bertujuan agar tidak terjadi kerumunan selama kegiatan UKK dalam masa pandemi covid 19 ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tahun 2021 ini, Komli TKJ bekerja sama dengan DUDI Lintas Data Prima (LDP) Madiun sebagai penguji eksternal. Untuk jenis paket soal UKK dari direktorak SMK yang kami pilih adalah paket 4 (P4) tentang Troubleshooting Keamanan Jaringan Pada Jaringan WAN.

Meskipun Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dilaksanakan dalam kondisi berpuasa, namun siswa tetap nampak antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) ini. Dengan diadakannya Uji Kompetensi Keahlian (UKK) ini diharapkan semua siswa dapat mengetahui sejauh mana kemampuan kompetensi mereka sesuai dengan bidang keahlian yang telah mereka pelajari selama di SMK, dapat dinyatakan kompeten dan memperoleh sertifikat Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dari DUDI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *